Benefit Kuliah Magister Administrasi Di STIA Bandung Goes Bandung University

0
46

Bimbang memilih melanjutkan studi S2 atau langsung kerja? Jangan ragu, karena ternyata ada banyak kelebihan lulusan S2 yang bisa kamu pertimbangkan, lho.

Faktanya, tidak banyak masyarakat Indonesia yang memutuskan untuk menempuh pendidikan pascasarjana. Lebih banyak lulusan S1 memilih untuk langsung terjun ke dunia kerja.

Dikutip dari Tirto, hanya ada 119,9 ribu mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan S2 pada 2020.

Namun, jumlah yang sedikit tersebut tidak menyatakan bahwa lulusan dengan gelar magister lebih sulit mencari kerja dibandingkan lulusan S1.

Lalu apa sajakah kelebihan lulusan S2 Ilmu Administrasi di dunia kerja? Yuk, simak penjelasan Sobat STIA berikut ini!

1. Pengetahuan yang mendalam

Ketika melanjutkan pendidikan S2, kemampuan akademismu tentu akan bertambah. Ada banyak teori yang akan semakin kamu dalami.

Dilansir dari Kompas, pengetahuan dan wawasan yang kamu terima saat S2 biasanya menjadi lebih mendalam atau lebih bersifat kepakaran.

Sebagai contoh, kamu menjalani pendidikan S1 dengan jurusan Administrasi Publik. Kemudian, kamu bisa mengambil konsentrasi administrasi publik S2 dengan konsentrasi manajemen kebijakan publik itu akan meningkatkan tingkat kepakaranmu.

Ilmu yang lebih spesifik ini tentu saja akan dihargai di dunia kerja, terutama jika kamu melamar di posisi yang juga spesifik.

Itulah salah satu kelebihan lulusan S2, yaitu kamu memiliki ilmu dan pengetahuan yang lebih spesifik dibandingkan lulusan S1.

2. Kemampuan riset dan analisis

Umumnya, program pascasarjana lebih banyak melakukan pembelajaran di lapangan. Apalagi dengan durasinya yang singkat, yakni hanya 2 tahun.

Maka, seseorang yang melanjutkan pendidikan S2 akan lebih banyak melakukan riset, analisis dan praktik di lapangan.

Risetnya pun tidak sembarangan. Kamu akan melakukan riset dan studi kasus yang benar-benar menjadi permasalahan di bidang yang kamu dalami.

Dengan demikian, ketika terjun di dunia kerja, kamu sudah memiliki bekal kemampuan riset dan analisis yang tinggi.

Hal ini akan sangat dihargai oleh sebuah perusahaan, terutama jika kamu melamar untuk posisi tinggi seperti manajer atau leader

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here