Profil Resimen Mahasiswa STIA Bandung, Di Coaching Langsung Oleh Mantan Dandim Kabupaten Subang Kolonel ( Purn ) Dr. H. Sahromi

0
87

Resimen Mahasiswa (disingkat Menwa) adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Menwa juga merupakan salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan militer (unsur mahasiswa).

 Markas komando satuan Menwa bertempat di perguruan tinggi di kesatuan masing-masing yang anggotanya adalah mahasiswa atau mahasiswi yang berkedudukan di kampus tersebut. Menwa merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan ilmu militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri militer, senam militer, penyamaran, navigasi dan sebagainya.

Ketua Resimen Mahasiswa STIA Bandung gilang mengatakan di setiap perguruan tinggi atau kampus membentuk satuan-satuan yang merupakan salah satu bagian organisasi mahasiswa / mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Menwa diberikan wewenang dan tanggung jawab yang berbeda dengan Unit Kegiatan Mahasiswa lainnya dan berada langsung di bawah rektorat.

Setiap pendidikan maupun kursus yang diadakan Resimen Mahasiswa (Menwa) Jawa Barat, kesatuan Menwa STIA Bandung selalu meraih penghargaan sebagai pelatih dan siswa terbaik. Bahkan prestasi yang diraih oleh Menwa STIA Bandung sudah terkenal dilingkungan Menwa se-nusantara.

Kemampuan siswa dari Menwa STIA Bandung sudah tidak diragukan lagi jika dibandingkan dengan satuan lain saat mengikuti pendidikan dasar kemiliteran atau kursus lanjutan.

Keunggulan yang dimilki oleh menwa STIA Bandung yang dibimbing langsung oleh komandan perang timor timur Kolonel ( Purn) Dr. Sahromi mereka mendapatjkan hardskill seperti kesiapan, cepat tangap, cekatan, mahir dalam memimpin pasukan, rapih, sopan, fleksible dan kritis. Kemampuan ini tidak dimiliki oleh Menwa lain karena di Menwa STIA Bandung menerapkan pola pembinaan dan pelatihan dengan menggunakan pendekatan saintifik dan selalu dalam pantauan Kolonel ( Purn) Dr. Sahromi setiap minggunya.

Menwa STIA Bandung selalu dipercayai oleh pihak sekolah dan pihak perusahan untuk melatih peserta didiknya maupun karyawannya terutama pelatihan mengenai fisik, mental, kedisipilinan, bela negara dan jiwa kepemimpinan lapangan dengan kata lain lembaga tersebut telah menjadi labotarium bagi anggota Menwa Batalyon XI STIA Bandung untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan lapangan anggota. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here