Resimen Mahasiswa atau yang biasa disebut MENWA adalah salah satu kegiatan mahasiswa yang fokus pada bela negara serta pembetukan karakter dan mental. Untuk penampilanya pun bisa disebut seperti militer, karena memang anggota Menwa dilatih dan didik oleh TNI.

dalam salah satu kesempatan Wakil Ketua III bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama menyempatkan diri untuk diwawancarai berkaitan dengan salah satu program yang di boomingkan kepada Mahasiswa STIA Bandung.

Apakah itu MENWA / Resimen Mahasiswa ?

 salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Menwa juga merupakan salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan militer (unsur mahasiswa). Markas komando satuan Menwa bertempat di perguruan tinggi di kesatuan masing-masing yang anggotanya adalah mahasiswa atau mahasiswi yang berkedudukan di kampus tersebut. Menwa merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan ilmu militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri militer, senam militer, penyamaran, navigasi dan sebagainya.

Anggota Menwa (wira) di setiap perguruan tinggi atau kampus membentuk satuan-satuan yang merupakan salah satu bagian organisasi mahasiswa / mahasiswi di unit kegiatan mahasiswa (UKM). Menwa diberikan wewenang dan tanggung jawab yang berbeda dengan UKM lain dan berada langsung di bawah rektorat.

Apa landasan dan tujuan Menwa itu sendiri?

  • Mempersiapkan mahasiswa yang memiliki pengetahuan, sikap disiplin, fisik dan mental serta berwawasan kebangsaan agar mampu melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menanamkan dasar-dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada tujuan pendidikan nasional.
  • Sebagai wadah penyaluran potensi mahasiswa dalam rangka mewujudkan hak dan kewajiban warga Negara dalam Bela Negara.
  • Mempersiapkan potensi mahasiswa sebagai bagian dari potensi rakyat dalam Sistem Pertahanan Rakyat Semesta (SISHANRATA)

Bagaimana untuk menjadi seorang Anggota Menwa di STIA Bandung?

Untuk menjadi seorang anggota Menwa di STIA Bandung, pertama tama adalah mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh kodam siliwangi yang didaftarkan melalui pihak SKOMEN, beberapa persyaratan pun harus di tempuh seperti pemeriksaan kesehatan, dll. untuk pelatihannya sendiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here