Sambut Mahasiswa Baru, Ketua STIA Bandung Dr. H. Barkah Rosadi Berikan Orasi Imiah Tentang Kampus Sehat, Manajemen Resiko dan Kesadaran Lingkungan Hidup

0
56
Dr. H. Barkah Rosadi Saat Orasi Ilmiah PMB 2022-2023
Dr. H. Barkah Rosadi Saat Orasi Ilmiah PMB 2022-2023

Menyambut datangnya mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023, Sekolah Timggi Ilmu Administrasi Bandung melangsungkan Sidang Senat Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2022, hari Sabtu, 24 September 2022 di Aula STIA Bandung, kampus  secara kombinasi, yaitu antara luar jaringan (luring) yang dihadiri 36 ( tiga puluh enam orang perwakilan mahasiswa, dan dalam jaringan (daring) melalui siaran langsung di laman resmi dan instagram STIA Bandung. Sehubungan dengan kondisi peraturan pemerintah tentang pelaksanaan penggunaan teknologi, teknis pelaksanaan kegiatan PMB STIA Bandung tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya untuk tahun ini melalui hybrid.

Dalam Orasi ilmiahnya tentang Kesadaran Lingkungan Hidup, Manajemen Resiko, dan Kampus Sehat, Ketua STIA Bandung mengatakan Pengembangan Kampus Sehat Yang Harus Di Terapkan Di Indonesia! kesehatan menjadi salah satu point penting yang harus mulai di perhatikan dengan baik serta maksimal saat ini. Adanya kesehatan yang terjaga dengan baik akan membantu terciptanya kelancaran dalam menjalankan aktivitas nantinya. Kesehatan yang terjaga dengan baik akan memberikan beragam keuntungan yang bisa dirasakan oleh setiap orang. Setiap orang memiliki kewajiban untuk menjaga kesehatannya masing masing dalam kehidupan yang dijalankannya.

Kampus menjadi sebuah instansi yang kemudian menaungi adanya beragam kegiatan serta pengembangan yang harus dijalankan setiap orang. Adanya pengembangan yang dilakukan oleh setiap instansi akan membantu terciptanya tujuan pembelajaran yang dilakukan dengan baik.

Dr. H. Barkah Rosadi mengatakan STIA Bandung telah bekerjasama dengan perguruan tinggi lainnya dalam menjalankan dan mengembangkan kampus sehat. Beberapa universitas telah melakukan kerjasama dalam mengembangkan kampus sehat dengan baik dan maksimal. Kerjasama yang dilakukan tentunya ditandai dengan adanya nota kesepahaman bersama dan juga surat perjanjian kerjasama. Kerjasama tersebut dilakukan dalam upaya mengembangkan kampus sehat yang dapat menjadi instansi pengembangan yang lebih baik. Setidaknya di Indonesia saat ini sudah terdapat sebanyak kurang lebih 4500 perguruan tinggi yang telah sepakat menjalankan kerjasama pengembangan kampus sehat.

Kampus menjadi wada bagi pendidikan generasi muda dan juga tempat untuk berkumpulnya orang di usia yang produktif. Program kampus sehat pada dasarnya dikembangkan untuk mencapai beberapa manfaat yang nantinya akan didapatkan. Kementerian kesehatan pada dasarnya sudah membuat sebuah terobosan untuk mengoptimalisasi pencegahan serta pengendalian penyakit. Program ini tentunya di tujukan terutama untuk kaum muda yang masuk dalam usia produktif dan telah melakukan banyak hal positif. Adanya program kampus yang sehat pada dasarnya akan menjadi media bagi setiap orang untuk mendapatkan kesehatan yang terus terjaga dengan baik.

Salah satu pilar yang harus dijalankan dalam program pelaksanaan kampus yang sehat adalah membangun kebijakan yang pro kesehatan. Adanya kebijakan yang pro kesehatan akan membuat mahasiswa terbiasa untuk berperilaku sehat dalam kehidupan yang dijalankan. Ada banyak sekali beragam kebijakan yang bisa diterapkan oleh pihak kampus dalam mengembangkan program kesehatan pada mahasiswanya. Salah satu contoh pembangunan kebijakan yang pro kesehatan sendiri adalah membuat mahasiswa melakukan aktivitas fisik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here